I.
Pendahuluan
Sasaran etika bisnis
adalah membangun kesadaran kritis pelaku bisnis, bahwa bisnis adaprofit making
activity, yang harus dicapai dengan cara-cara baik, tidak curang, tidak
merugikan orang lain. Keuntungan yang dicapai juga meliputi non financial
profit, moral, citra, pelayanan, tanggung jawab sosial, integritas moral, mutu,
kepercayaan. Meliputi juga keuntungan yang berjangka panjang. Kita juga perlu
mendorong bangsa membangun sistem ekonomi, sosial dan politik yang lebih baik
dan lebih demokratis. Menjadikan hukum yang supermasi diatas kekuasaan. Pelaku
yang ingin maju ikuti aturan main yang jelas, adil, rasional dan obyektif tanpa
mengandalkan KKN. Pemberdayaan masyarakat, ini juga perlu dikembangkan dalam
ranga sasaran etika bisnis. baik secara individual maupun secara kelompok,
seperti LSM dsb. Bila ada kecurangan, masyarakat harus berani dan bisa
melakukan langkah-langkah koreksi dengan mengungkapkan pada yang berwenang.
Upaya penyebarluasan pemahaman, pelaksanaan, penghayatan terhadap pemasyrakatan etika bisnis ini perlu dilakukan dengan luas diseluruh tanah air.
Upaya penyebarluasan pemahaman, pelaksanaan, penghayatan terhadap pemasyrakatan etika bisnis ini perlu dilakukan dengan luas diseluruh tanah air.
Dengan demikian, bisnis sebagai suatu usaha yang ada dimasyarakat memerlukan pemuasan kepada semua pihak naik ekstern maupin intern. Pihak-pihak yang berkepentingan di luar organisasi yaitu Pemerintah, Lembaga Keuangan dan Perbankan, Pemasok, Distributor, agen dan pengecer, Pembeli atau konsumen. Masyarakat sekitar perusahaan dan secara ridak langsung masyarakat luas. Sedangkan yang bekepentingan dan berada dalam organisasi perusahaan yaitu Para pemilik saham dan pemodal, Berbagai kelompok manajemen yang tak tergolong manajemen puncak, Para karyawan.
II.
Pembahasan
A. BISNIS DAN
ETIKA
1.
Pengertian
Etika
Etika berasal dari kata
Yunani Kuno: “ethikos“, berarti “timbul dari kebiasaan”. Etika adalah
cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi
mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan
konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
2. Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi,
bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari
bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti
“sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
3. Pengertian Etika Bisnis
Etika bisnis merupakan
cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang
berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam
suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta
pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra
kerja, pemegang saham, masyarakat.
B. Mitos
Bisnis Amoral
Mitos
Bisnis Amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas
atau etika tidak ada hubungan sama sekali. Mitos ini mengungkapkan suatu
keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas atau etika tidak ada hubungannya.
Bisnis berorientasi untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tanpa
mengindahkan etika dan moralitas.
1. Keutamaan Etika Bisnis
a. Dalam
bisnis modern, para pelaku bisnis dituntut untuk menjadi orang-orang
profesional di bidangnya
b. Dalam
persaingan bisnis yang sangat ketat,maka konsumen benar-benar raja
c. Dalam
sistem pasar terbuka dengan peran pemerintah yang menjamin kepentingan dan hak
bagi semua pihak, maka perusahaan harus menjalankan bisnisnya dengan baik dan
etis
d. Perusahaan
modern sangat menyadari bahwa karyawan bukanlah tenaga yang harus dieksploitasi
demi mendapat keuntungan
2. Ciri Bisnis yang Beretika
Berdasarkan hasil diskusi kelompok
dalam mata kuliah etika bisnis dapat disimpulkan mengenai Ciri-Ciri Bisnis yang
beretika yaitu:
1. Tidak merugikan siapapun
2. Tidak menyalahi aturan-aturan dan norma yang ada
3. Tidak melanggar hukum
4. Tidak menjelek-jelekan saingan bisnis
5. Mempunyai surat izin usaha
C. SASARAN
DAN LINGKUP ETIKA BISNIS
Sasaran etika bisnis adalah membangun kesadaran kritis pelaku bisnis, bahwa bisnis adalah profit making activity, yang harus dicapai dengan cara-cara baik, tidak curang, tidak merugikan orang lain. Keuntungan yang dicapai juga meliputi non financial profit, moral, citra, pelayanan, tanggung jawab sosial, integritas moral, mutu, kepercayaan.
Kita juga perlu
mendorong bangsa membangun sistem ekonomi, sosial dan politik yang lebih baik
dan lebih demokratis. Menjadikan hukum yang supermasi diatas kekuasaan. Pelaku
yang ingin maju ikuti aturan main yang jelas, adil, rasional dan obyektif tanpa
mengandalkan KKN. Bila ada kecurangan, masyarakat harus berani dan bisa
melakukan langkah-langkah koreksi dengan mengungkapkan pada yang berwenang. Upaya
penyebarluasan pemahaman, pelaksanaan, penghayatan terhadap pemasyrakatan etika
bisnis ini perlu dilakukan dengan luas diseluruh tanah air.
Dengan demikian, bisnis sebagai suatu
usaha yang ada dimasyarakat memerlukan pemuasan kepada semua pihak naik ekstern
maupin intern.
Pihak-pihak yang berkepentingan di luar organisasi yaitu Pemerintah, Lembaga Keuangan dan Perbankan, Pemasok, Distributor, agen dan pengecer, Pembeli atau konsumen.
Pihak-pihak yang berkepentingan di luar organisasi yaitu Pemerintah, Lembaga Keuangan dan Perbankan, Pemasok, Distributor, agen dan pengecer, Pembeli atau konsumen.
Sedangkan yang
bekepentingan dan berada dalam organisasi perusahaan yaitu Para pemilik saham
dan pemodal, Berbagai kelompok manajemen yang tak tergolong manajemen puncak,
Para karyawan. Etika bisnis yang sehat dibangun untuk memuaskan kepentingan
semua pihak dengan cara-cara yang baik dan santun, tentunya akan menjalin
hubungan yang baik pada semuanya.
1.
Tiga sasaran dan lingkup pokok
etika bisnis yaitu :
a. Etika bisnis sebagai etika profesi membahas berbagai
prinsip, kondisi dan masalah yang terkait dengan praktek bisnis yang baik dan
etis. Etika bisnis bertujuan untuk mengimbau para pelaku bisnis untuk
menjalankan bisnisnya secara baik dan etis. Karena bisnis yang baik dan etis
menunjang keberhasilan bisnisnya dalam jangka panjang. Dan berfungsi menggugah
kesadaran moral para pelaku bisnis untuk berbisnis secara baik dan etis demi
nilai-nilai luhur tertentu dan demi kepentingan bisnisnya sendiri. Etika bisnis
dalam lingkupnya yang pertama ini tidak hanya menyangkut perilaku dan
organisasi perusahaan secara internal melainkan juga menyangkut secara
eksternal.
b. Sasaran yang kedua yaitu untuk menyadarkan
masyarakat, khususnya konsumen, karyawan dan masyarakat luas, akan hak dan
kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapa pun
juga. Pada tingkat ini etika bisnis berfungsi untuk menggugah masyarakat untuk
bertindak menuntut para pelaku bisnis untuk berbisnis secara baik demi
terjaminnya hak dan kepentingan masyarakat. Etika bisnis mengajak masyarakat
luas untuk sadar dan berjuang menuntut haknya agar hak dan kepentingannya tidak
dirugikan oleh pembisnis.
c. Pada sasaran ketiga, etika bisnis juga berbicara
mengenai system ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu praktek
bisnis. Dalam hal ini, etika bisnis lebih bersifat makro. Dalam lingkup makro,
etika bisnis berbicara mengenai monopoli,oligopoly, kolusi dan praktek-praktek
semacamnya yang akan sangat mempengaruhi tidak saja sehat tidaknya suatu
ekonomi melainkan baik tidaknya praktek bisnis dalam sebuah negara tersebut.
III.
KESIMPULAN
v Etika bisnis merupakan cara untuk
melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan
individu, perusahaan dan juga masyarakat.
v Mitos
Bisnis Amoral mengungkapkan suatu keyakinan bahwa antara bisnis dan moralitas
atau etika tidak ada hubungan sama sekali. Bisnis berorientasi untuk
mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tanpa mengindahkan etika dan moral.
v Keutamaan Etika Bisnis yaitu :
a. Dalam
bisnis modern, para pelaku bisnis dituntut untuk menjadi profesional di
bidangnya
b. Dalam
persaingan bisnis yang sangat ketat,maka konsumen menjadi raja.
c. Dalam
sistem pasar terbuka, perusahaan harus menjalankan bisnisnya dengan baik dan etis
v
Sasaran
dan Lingkup Etika Bisnis
a. Etika Bisnis sebagai etika
profesi membahas berbagai prinsip, kondisi dan masalah yang terkait dengan
praktek bisnis yang baik dan etis.
b. Etika Bisnis untuk menyadarkan
masyarakat bahwa hak dan kewajiban mereka tidak boleh dilanggar oleh pratek
bisnis siapapun juga.
c. Etika Bisnis juga berbicara
mengenai sistem ekonomi yang sangat menentukan etis tidaknya suatu usaha
bisnis.
IV.
DAFTAR
PUSTAKA
Keraf,
A. Sonny. 2005. Etika Bisnis. Edisi Baru Cetakan Ke-9. Kanisius: Yogyakarta.
http://elysha01.blogspot.com/2010/10/sasaran-dan-lingkup-etika-bisnis.html
0 comments:
Post a Comment
Berkomentarlah dengan baik dan benar serta bersifat membangun. Terimakasih :)